Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Manajemen Reputasi Online




Manajemen reputasi online, atau ORM, adalah metode yang mengontrol apa yang dikatakan orang tentang produk, merek, atau perusahaan. Ini memanfaatkan komentar dan tayangan untuk menghasilkan lebih banyak minat dan kepercayaan dari publik. Memahami manajemen reputasi online dapat membantu Anda meningkatkan kehadiran dan penjualan online Anda. Pada artikel ini, kami menjelaskan pentingnya ORM dan cara menggunakannya.

Apa itu manajemen reputasi online?

Manajemen reputasi online adalah proses menciptakan nama merek secara online dan mempertahankan reputasinya yang baik. Manajemen reputasi online mempengaruhi informasi yang akan ditemukan orang di internet. Ini melibatkan membangun citra digital berkat pengalaman positif yang dibagikan pelanggan. Oleh karena itu, ia menggunakan strategi untuk membawa materi positif lebih tinggi dalam hasil mesin pencari untuk menginspirasi kepercayaan pelanggan potensial. ORM menerapkan strategi untuk meningkatkan dan menghasilkan ulasan, serta menanggapi komentar yang ditinggalkan pelanggan di situs web Anda.

Reputasi online melibatkan empat saluran pemasaran digital yang berbeda:

  • Properti yang Dimiliki: Properti yang dimiliki mengacu pada situs web dan blog bisnis Anda. Mereka adalah platform online yang Anda miliki dan dapat Anda kendalikan sepenuhnya. Memiliki beberapa properti dapat meningkatkan peluang Anda untuk membangun kehadiran online yang efektif jika Anda memastikan publik dengan mudah membedakan satu dari yang lain.

  • Media berbayar: Saat Anda membayar situs web atau jaringan eksternal untuk menampilkan bisnis Anda, Anda menggunakan media berbayar. Ini memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan dan membangun hubungan baru dengan mitra dan klien. Ini juga mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Media berbayar termasuk menampilkan iklan di situs media sosial, posting bersponsor PPC (dibayar per klik) di blog industri/influencer atau iklan langsung.

  • Media yang diperoleh : Media yang diperoleh adalah publisitas yang didapat bisnis Anda di situs web eksternal yang tidak Anda bayar. Untuk mendapatkan media yang diperoleh, Anda perlu mengusulkan produk atau layanan yang ingin disebutkan, ditinjau, dibagikan, dan diposting ulang oleh pengguna. Anda juga mendapatkannya dengan menyediakan konten hebat yang ingin dibicarakan pengguna.

  • Media sosial: Media sosial menawarkan peluang tambahan bagi orang-orang untuk menemukan merek Anda dan berinteraksi. Sangat penting untuk aktif di halaman media sosial Anda untuk mendapatkan manfaat darinya dan meningkatkan reputasi online Anda. Anda dapat mempublikasikan konten baru dan terus terlibat dalam percakapan dengan audiens Anda.

Terkait: 4 Langkah Untuk Membangun Merek

Mengapa manajemen reputasi online itu penting

Manajemen reputasi online memiliki beberapa manfaat:

  • Hasil penjualan meningkat. Meningkatkan ORM Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dengan membantu calon pelanggan memilih produk Anda dan menciptakan pengenalan merek yang lebih besar.

  • Posisi yang lebih baik dalam hasil mesin pencari. Lima hasil pertama mesin pencari adalah yang menerima klik paling banyak. Manajemen reputasi online akan menggunakan teknik untuk memastikan situs web Anda muncul di hasil teratas mesin pencari. Ulasan online, misalnya, adalah faktor peringkat. Ada korelasi antara volume ulasan, tanggapan, dan hasil pencarian. Bisnis Anda akan muncul di hasil teratas jika memiliki ulasan. Oleh karena itu, ORM memastikan bahwa ada keterlibatan berkelanjutan dengan audiens untuk meningkatkan peringkat.

  • Ulasan online sangat penting. Ada semakin banyak platform online di mana konsumen dapat mengekspresikan pendapat mereka dan berbagi pengalaman mereka. Peringkat muncul di hasil penelusuran organik serta di iklan penelusuran berbayar. Orang-orang juga secara alami berbagi pengalaman mereka di media sosial. Mengingat kepercayaan yang diberikan calon pelanggan pada ulasan teman, keluarga, dan juga orang asing, penting untuk dipahami bahwa komentar tersebut dapat memengaruhi bisnis Anda. Mereka membangun reputasi online Anda, oleh karena itu pentingnya mengelolanya.

  • Bedakan dengan kompetisi. Reputasi yang bersih dapat membuat perbedaan antara Anda dan pesaing. Jika calon klien ragu-ragu antara dua produk, kemungkinan besar mereka akan memilih salah satu dengan reputasi yang lebih baik.

  • Perdagangan sosial sedang meningkat. Media sosial adalah bagian penting dari proses pembelian. Sama seperti konsumen mencari produk di mesin pencari, mereka juga melihat halaman media sosial bisnis untuk menemukan informasi lebih lanjut. ORM yang efektif akan meningkatkan jumlah pengikut Anda dan meningkatkan kehadiran media sosial Anda, memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

  • Reputasi online adalah sinyal kepercayaan. Konsumen menganggap ulasan positif sebagai tanda bahwa mereka dapat mempercayai perusahaan. Ini membantu mereka membuat keputusan tentang apa yang harus dibeli atau layanan mana yang akan digunakan.

  • Peningkatan klik-tayang. Konsumen mencari komentar positif sebelum mereka menggunakan bisnis lokal. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencapai rata-rata peringkat bintang 3-5 dan secara aktif mengumpulkan ulasan baru sehingga calon pelanggan tersebut mengklik situs web Anda.

Bagaimana mengelola reputasi online

Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membangun dan mengelola reputasi online Anda:

  1. Putuskan bagaimana Anda ingin pengguna melihat Anda.
  2. Evaluasi reputasi online Anda saat ini.
  3. Merancang kebijakan media sosial.
  4. Merancang strategi konten media sosial.
  5. Posting konten berkualitas.
  6. Terlibat dengan audiens Anda.
  7. Pantau reputasi online Anda.


1. Putuskan bagaimana Anda ingin pengguna melihat Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan seperti apa reputasi online Anda nantinya. Putuskan bagaimana Anda ingin pengguna melihat Anda. Misalnya, Anda dapat dianggap sebagai otoritas di bidang bisnis Anda, atau Anda mungkin ingin orang-orang mengenali perusahaan Anda karena layanan pelanggannya yang sangat baik.

2. Evaluasi reputasi online Anda saat ini

Untuk menentukan reputasi online Anda saat ini, Anda dapat bertanya kepada klien, teman, dan keluarga tentang pendapat mereka tentang Anda atau bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan alat untuk menilai reputasi digital Anda. Misalnya, Google menawarkan alat gratis yang dapat memberi tahu Anda setiap kali nama atau merek Anda disebutkan secara online. Ini juga membantu mengidentifikasi pesaing dengan menyiapkan kata kunci. Anda juga dapat menentukan sumber konten yang ingin Anda pantau.

3. Merancang kebijakan media sosial

Putuskan bagaimana perusahaan dan karyawan Anda harus berinteraksi secara online, dan tuliskan ini dalam dokumen. Berkat kebijakan media sosial, karyawan mengetahui jenis konten yang dapat mereka posting untuk memberi manfaat bagi perusahaan dan mempertahankan citra positifnya. Ini akan membantu memberikan arahan dan menciptakan keterlibatan yang mendukung tujuan reputasi Anda.

4. Merancang strategi konten media sosial

Strategi konten media sosial menyoroti topik yang ingin menjadi fokus bisnis Anda, kata kunci yang ingin Anda gunakan dan jenis media (video, podcast, artikel, dll.) serta orang yang bertanggung jawab untuk setiap pembuatan konten. Untuk mengembangkan strategi Anda, pertama-tama putuskan apa yang ingin Anda capai. Misalnya, tujuan Anda mungkin untuk mendapatkan lebih banyak pengikut atau meningkatkan penjualan online Anda.

Selanjutnya, pilih platform online yang akan Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan ideal Anda dan mencapai tujuan Anda. Setiap platform memiliki keunggulan unik dan bisa lebih relevan untuk tujuan tertentu. Untuk membantu Anda memutuskan, pertimbangkan platform tempat pesaing Anda aktif untuk menemukan inspirasi. Demografi platform sosial juga dapat membantu Anda mendapatkan gambaran tentang audiens. Setelah Anda mengetahui audiens platform, Anda dapat menentukan apakah itu sesuai dengan target pelanggan Anda.

Posting konten yang berharga bagi audiens Anda, dan undang mereka untuk terlibat. Jawab pertanyaan mereka dan tanggapi komentar mereka, dan lacak hasil strategi Anda untuk melihat apakah Anda harus membuat perubahan.

Baca lebih lanjut: Membuat Strategi Media Sosial yang Sukses

5. Posting konten berkualitas

Untuk meningkatkan reputasi online Anda, posting konten berkualitas secara teratur yang menurut audiens Anda berharga. Berikut ini adalah tips untuk memposting konten yang baik:

  • Artikel blog dapat menghasilkan keterlibatan. Orang-orang akan meninggalkan komentar dan berbagi, misalnya.
  • Artikel blog juga menghasilkan lalu lintas tambahan dan membantu situs web Anda mencapai peringkat tinggi di mesin pencari.
  • Untuk meningkatkan peluang Anda muncul di hasil pencarian pertama, Anda dapat menggunakan kata kunci. Cari tahu apa yang dicari orang dengan melihat kueri di mesin telusur dan sertakan kata kunci tersebut di konten Anda.
  • Pastikan konten Anda mudah dibaca. Gambar juga meningkatkan kualitas artikel Anda.

Terkait: 5 Langkah untuk Menulis Bisnis Hebat (Dengan Tips)

6. Terlibat dengan audiens Anda

Bereaksi terhadap komentar online positif dan negatif. Usulkan solusi untuk pelanggan yang tidak puas dan jawab pertanyaan yang diajukan pengguna. Terlibat secara teratur dengan audiens Anda sangat penting untuk mengelola bagaimana mereka memandang Anda.

7. Pantau reputasi online Anda

Anda dapat menggunakan alat online untuk memantau apa yang orang katakan tentang bisnis Anda di internet. Kemudian, ambil tindakan yang tepat untuk mempertahankan reputasi online yang positif.

source : https://www.indeed.com/career-advice/career-development/online-reputation-management

Posting Komentar untuk "7 Langkah Manajemen Reputasi Online"