Cara Mendiagnosis dan Memperbaiki Masalah 'Tingkat Konversi' di Situs Web Anda
Anda telah berusaha keras untuk membangun situs web Anda dan memilih produk dan layanan yang akan Anda tawarkan kepada calon pelanggan Anda. Tetapi apa yang terjadi jika orang tidak mengunjungi situs Anda? Atau, lebih buruk lagi, apa yang terjadi jika mereka muncul tetapi gagal melakukan pembelian?

Jika Anda tidak melihat hasil yang awalnya Anda harapkan, Anda mungkin mengalami masalah rasio konversi -- artinya Anda tidak mengonversi pengunjung daring menjadi pelanggan yang membayar . Skenario berikut dapat membantu Anda mendiagnosis masalah situs web dan menentukan cara memperbaikinya untuk meningkatkan kesuksesan Anda secara keseluruhan:
Skenario 1: Tidak ada lalu lintas dan tidak ada konversi. Agar konversi terjadi di situs web Anda, Anda memerlukan dua hal: tindakan target yang ditentukan dan pengguna situs web untuk memenuhi sasaran ini. Dengan tidak adanya salah satu elemen, konversi di tempat tidak dapat terjadi.
Jadi, jika tingkat konversi Anda tampaknya rendah, pemberhentian pertama Anda adalah akun Google Analytics Anda. Di sana, Anda akan dapat menentukan apakah Anda memiliki lalu lintas yang cukup untuk menghasilkan konversi.
Terkait: Apakah Situs Web Anda Siap untuk Cyber Monday?
Pertimbangkan bahwa situs web cenderung rata-rata memiliki tingkat konversi 1 persen hingga 5 persen. Itu berarti untuk setiap 100 orang yang mengunjungi situs web Anda, antara satu dan lima orang dapat diharapkan untuk melakukan tindakan konversi yang Anda tetapkan -- apakah itu membeli produk Anda, ikut serta dalam buletin email Anda, atau mengunduh file tertentu.
Jika situs web Anda menerima ribuan pengunjung setiap hari, tingkat konversi rata-rata yang rendah ini tidak akan menimbulkan banyak masalah. Namun jika Anda hanya melihat 10 pengunjung setiap hari, Anda mungkin memerlukan waktu seminggu atau lebih untuk mendapatkan satu konversi.
Jadi, jika lalu lintas Anda rendah dan Anda tidak melihat tingkat konversi yang Anda inginkan, tindakan pertama harus menarik lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Anda dapat melakukan ini menggunakan sejumlah teknik promosi yang berbeda, apakah Anda lebih suka iklan bayar per klik (PPC), optimisasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial, atau strategi pemasaran digital lainnya.
Skenario 2: Rasio pentalan tinggi dan konversi rendah. Misalkan situs web Anda menerima arus lalu lintas yang stabil, tetapi Anda masih belum melihat jumlah konversi yang diinginkan. Dalam hal ini, kembali ke akun Google Analytics Anda untuk memeriksa rasio pentalan situs web Anda.
Rasio pentalan mengacu pada jumlah orang yang tiba di situs web Anda dan pergi sebelum mengeklik untuk mengunjungi halaman lain di situs Anda. Rasio pentalan yang tinggi menunjukkan bahwa orang tidak segera menemukan apa yang mereka cari di situs Anda dan pergi sebelum mereka memiliki kesempatan untuk terlibat lebih jauh dengan produk atau layanan Anda.
Terkait: 3 Alat Sederhana untuk Membangun Situs Web dengan Cepat
Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk masalah berikut:
- Situs web Anda rusak atau tidak dapat diakses oleh beberapa browser, mencegah pengunjung mengakses konten Anda.
- Desain situs web Anda ketinggalan zaman, yang menyebabkan kepercayaan pengunjung yang rendah terhadap merek Anda.
- Informasi yang diharapkan pengunjung segera temukan terkubur dalam konten halaman web Anda.
- Fitur dan manfaat produk, layanan, atau merek Anda tidak langsung terlihat oleh pengunjung baru.
Mendiagnosis masalah spesifik yang memengaruhi tingkat konversi situs web Anda bisa jadi rumit, tetapi banyak webmaster akan mendapat manfaat dari perangkat lunak "pemetaan panas", seperti program yang ditawarkan oleh Crazy Egg (paket mulai dari $9 per bulan). Perangkat lunak pemetaan panas memungkinkan Anda melacak pergerakan mata pengunjung di seluruh situs Anda untuk melihat kapan calon pelanggan pergi.
Skenario 3: Keterlibatan tinggi dan konversi rendah. Bagaimana jika Anda memiliki banyak pengunjung yang secara aktif terlibat dengan konten Anda, tetapi mereka tidak mengambil tindakan konversi yang Anda tetapkan? Biasanya, masalah ini berasal dari salah satu dari dua kelemahan:
- Pengunjung tidak tahu bagaimana mengambil tindakan target Anda, atau
- Pengunjung tidak tahu mengapa mereka harus mengambil tindakan target Anda.
Apa pun masalahnya, alat terbaik Anda dalam skenario ini adalah tes terpisah. Pengujian terpisah memungkinkan Anda menyajikan berbagai variasi halaman individual di situs web Anda untuk mencoba mengidentifikasi elemen yang mungkin menghambat tingkat konversi.
Sebagai contoh, jika Anda khawatir pengunjung situs web tidak melihat formulir keikutsertaan Anda, Anda dapat menjalankan pengujian pemisahan gaya A/B yang secara acak menampilkan salah satu dari dua versi halaman yang berbeda kepada pemirsa. Masing-masing menampilkan formulir keikutsertaan Anda, hanya di lokasi yang berbeda di situs Anda. Dengan mengukur rasio konversi untuk setiap versi halaman, Anda dapat secara meyakinkan mengidentifikasi opsi yang lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak pengunjung yang terlibat untuk mengambil tindakan.
Terakhir, ketahuilah bahwa ini bukan satu-satunya faktor yang dapat memengaruhi tingkat konversi situs web Anda. Memahami psikologi dan perilaku pelanggan dapat menjadi tantangan. Tetapi alat dan prosedur pengujian khusus yang dijelaskan di atas harus memberikan informasi yang cukup untuk meminimalkan kelemahan dan meningkatkan hasil online perusahaan Anda.
sumber : https://www.entrepreneur.com/article/225037
Posting Komentar untuk "Cara Mendiagnosis dan Memperbaiki Masalah 'Tingkat Konversi' di Situs Web Anda"